latest Post

Rokok mengandung 4000 senyawa Kimia Berbahaya



Rokok  dan  Asapnya  di  ketahui  mengandung  banyak  penyakit  yang  berbahaya  dan  mematikan.  Karena  hampir  semua  bagian  tubuh  bisa  rusak  oleh  rokok.  Hal ini  terjadi  karena  dalam satu  batang  rokok  saja,  mengandung  4000  senyawa  kimia  berbahaya yang  40  diantaranya  mengandung  racun  (toksin)  atau karsinogenik (bisa meyebabkan kanker).

  Berikut Penyakit yang Disebabkan  Oleh Rokok :

1. Kanker paru
Diketahui sekitar 90% kasus kanker paru diakibatkan oleh rokok. Hal ini karena asap rokok akan masuk secara inhalasi ke dalam paru-paru. Zat dari asap rokok ini akan merangsang sel di paru-paru menjadi tumbuh abnormal. Diperkirakan 1 dari 10 perokok sedang dan 1 dari 5 perokok berat akan meninggal akibat kanker paru. 

2. Kanker kandung kemih
Kanker kandung kemih terjadi pada sekitar 40 persen perokok. Studi menemukan kadar tinggi dari senyawa 2-naphthylamine dalam rokok menjadi karsinogen yang mengarah pada kanker kandung kemih.

3. Kanker payudara
Perempuan yang merokok lebih berisiko mengembangkan kanker payudara. Hasil studi menunjukkan perempuan yang mulai merokok pada usia 20 tahun dan 5 tahun sebelum ia hamil pertama kali berisiko lebih besar terkena kanker payudara.

7. Kanker ginjal
Ketika seseorang merokok, maka asap yang mengandung nikotin dan tembakau akan masuk ke dalam tubuh. Nikotin bersama dengan bahan kimia berbahaya lainnya seperti karbonmonoksida dan tar menyebabkan perubahan denyut jantung, pernapasan sirkulasi dan tekanan darah. Karsinogen yang disaring keluar dari tubuh melalui ginjal juga mengubah sel DNA dan merusak sel-sel ginjal. Perubahan ini mempengaruhi fungsi ginjal dan memicu kanker

14. Impotensi
Bagi laki-laki berusia 30-an dan 40-an tahun, maka merokok bisa meningkatkan risiko disfungsi ereksi sekitar 50 persen. Hal ini karena merokok bisa merusak pembuluh darah, nikotin mempersempit arteri sehingga mengurangi aliran darah dan tekanan darah ke penis. Jika seseorang sudah mengalami impotensi, maka bisa menjadi peringatan dini bahwa rokok sudah merusak daerah lain di tubuh.

Dan masih banyak lagi penyakit yang di timbulkan oleh rokok. Setidaknya, sekarang Anda jadi lebih tahu kan mengenai bahayanya rokok. maka dari itu berusahalah untuk berhenti merokok. Karena merokok itu lebih banyak kerugiannya dan keuntungannya gak ada. Dan semoga bermanfaat..

About Esa Yayang

Esa Yayang
Recommended Posts × +

0 comments: