tanda hitam di jidat
Sebagian orang memiliki tanda hitam di jidat. Tanda hitam ini biasa dikira sebagai bekas banyaknya sujud (shalat).
Hal itu didasarkan pada firman Allah dalam surat Al Fath ayat 29:
مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ وَالَّذِينَ
مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ تَرَاهُمْ
رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا
سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ
“Muhammad itu adalah utusan Allah
dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap
orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat
mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya,
tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud…” (QS. Al Fath: 29)
Siimaahum fii wujuuhihim min atsaris sujuud
(tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud). Inilah
yang melatari pemahaman bahwa tanda hitam di jidat itu merupakan bekas
sujud.
Hal ini tidak sepenuhnya salah karena
bisa jadi seseorang banyak sujud (shalat) kemudian tanpa sengaja
jidatnya menghitam. Namun, penafsiran para ahli tafsir dari kalangan
sahabat Nabi dan tabi’in bukan begitu.
Ibnu Abbas mengatakan maksud tanda-tanda
itu adalah tanda baik yang ada pada wajah mereka. Mujahid dan mufassir
lainnya menjelaskan atsaris sujud itu ialah khusyu’ dan tawadhu’.
As Saddi mengatakan bahwa shalat
menjadikan wajah seseorang menjadi lebih indah. Lebih jauh Ibnu Katsir
menuturkan bahwa sebagian ulama salaf mengatakan bahwa “siapa yang
banyak shalat di malam harinya maka wajahnya kelihatan indah di siang
harinya.”
Umar bin Khattab dan Utsman bin Affan juga mengatakan hal senada.
“Siapa yang memperbaiki hatinya, maka Allah akan memperbaiki penampilan lahiriahnya,” kata Umar.
“Sesuatu yang terpendam dalam jiwa akan terpancar melalui roman muka,” kata Ustman.
Sayyid Qutub dalam tafsir Fi Zhilalil Quran menegaskan bahwa “min atsaris sujud” bukanlah tanda hitam di jidat sebagaimana banyak dipahami.
“Siimaahum fii wujuuhihim min atsaris sujuud
(tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud). Tanda
yang tampak pada wajah mereka adalah keelokan, cahaya, kecerahan dan
keramahan,” kata Sayyid Qutub. “Dari sumbu ibadah teranglah kehidupan,
keelokan dan kelembutan. Tanda ini bukanlah berupa tanda hitam di jidat
sebagaimana yang segera dipahami saat mendengar firman Allah min atsaris sujud. Yang dimaksud atsaris sujud adalah dampak dari ibadah.”
Karena tidak ada tafsir yang menjelaskan
bahwa atsaris sujud maknanya tanda hitam di jidat, para ulama pun
mengingatkan agar berhati-hati. Sebab hal itu bisa menimbulkan riya’.
Ketika Ibnu Umar bertemu dengan
seseorang yang memiliki tanda hitam di dahi, ia pun mengingakan. “Bekas
apa yang ada di dahimu? Sungguh aku telah lama bersahabat dengan
Rasulullah, Abu Bakar, Umar dan Utsman. Apakah kau lihat ada bekas
tersebut pada dahiku?”
Abu Darda juga demikian. Saat bertemu
dengan orang yang memiliki tanda hitam di dahi, ia mengingatkan.
“Seandainya bekas itu tidak ada pada dirimu tentu lebih baik.”
Lalu bagaimana jika terlanjur memiliki tanda hitam di jidat? Baca tiga langkah yang perlu dilakukan di artikel Bagaimana Jika Terlanjur Memiliki Tanda Hitam di JidatSumber : http://bersamadakwah.net/tanda-hitam-di-jidat/
0 comments:
Post a Comment